toko
HALLO TEMAN-TEMAN SEMUA, SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA BIARPUN MASIH ACAK-ACAKAN DAN SEDERHANA BANGET MUDAH-MUDAHAN DAPAT MEMBERIKAN MANFAAT, SEMOGA BLOG INI TERUS BERKEMBANG .DUKUNG SAYA YAA..
Home » » Teknik Sederhana Cara Menanam Selada Hidroponik di Rumah

Teknik Sederhana Cara Menanam Selada Hidroponik di Rumah

Written By ca-poenk.blogspot.com on Wednesday, August 31, 2016 | 5:28:00 PM

Cara menanam selada hidroponik - Saat ini, teknologi modern di bidang pertanian yang sedang dikembangkan adalah menanam secara hidroponik. Teknik hidroponik secara sederhana dapat dikatakan sebagai menanam tanpa media tanah. Karena media tanamnya bukan tanah, petani harus lebih memperhatikan nutrisi yang diserap oleh tanaman. Biasanya, tanaman yang sering ditanam dengan teknik ini adalah sayuran. Cara menanam selada hidroponik cukup sederhana.

selada hidroponik sistem wick
selada hidroponik
Cara menanam selada ini cukup mudah Anda cukup menyiapkan beberapa barang diantaranya baki atau nampan bekas yang digunakan untuk menyemai, arang sekam sebagai pengganti tanah, benih selada, serta plastik hitam.

Cara Menanam Selada hidroponik Di Rumah

Menanam selada hidroponik sebenarnya hampir sama dengan menanam selada pada umumnya. Perbedaannya terletak pada media yg digiunakan dan nutrisi atau pupuknya. Pertama-tama, masukkanlah arang sekam bisa juga cocopeat ke dalam baki atau nampan  yang sebelumnya telah dilubangi kecil-kecil di bagian bawahnya.

cara menanam selada
penyemaian benih selada
Taburkan benih secara merata, lalu tutup dengan arang sekam, dan siram dengan air. Setelah itu, tutup baskom dengan plastik hitam selama dua hari. Setelah itu, buka kembali baskom yang berisi benih ini. Biasanya, dalam waktu dua hari, benih selada sudah tumbuh menjadi kecambah.

Letakkan bibit ini ke bawah sinar matahari pagi yang tidak terlalu terik. Lakukan penyiraman secara terus menerus sampai dua minggu sehingga bibit siap dipindahkan. Cara menanam selada hidroponik sampai tahap ini masih hampir sama dengan tanaman selada secara umum.

cara menanam selada hidroponik
bibit selada

Kedua adalah tahap pemindahan bibit ke media hidroponik. Alat-alat yang dibutuhkan adalah netpot (bisa juga diganti dengan media yang lain), spons yang sudah dipotong, baskom berisi air. Pindahkan bibit tanaman ke baskom yang berisi air.

Saat memindahkan, jangan mencabutnya satu per satu, tetapi sekalian dengan medianya. Goyangkan baskom supaya bibit dan media terpisah. Jika ada bibit yang bergerombol, pisahkan secara hati-hati.

netpot

Pilih Nutrisi Hidroponik yang Tepat

Setelah bibit terpisah, jepitlah bibit dengan spos yang sudah disediakan. Masukkan spons yang telah berisi bibit ke wadah netpot. Terakhir, masukkan netpot ke dalam wadah paralon, talang air atau bisa juga menggunakan bak yang sudah diisi larutan nutrisi ABmix.

Pada tahap selanjutnya, Anda harus mengawasi pertumbuhan selada. Pastikan tanaman terkena cahaya mathari yang cukup. Dan yang utama karena media tanamnya hanya berupa air nutrisi, jadi Anda harus sering-sering memperhatikan larutan nutrisi hidroponik.

tanaman selada hidroponik
selada hidronik pada talang air
Cara menanam selada hidroponik sederhana ini memang mudah, namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal disarankan menggunakan nutrisi yang tepat. Untuk mudahnya anda cukup membeli nutrisi hidroponik Abmix khusus sayuran daun dan perhatikan cara pemakaiannya.
Share this article :

1 comment:

  1. saya juga sedang menanam selada, cuman tekniknya tidak dengan menggunakan hidroponik, karena di sekitar rumahku masih ada tanah kosong yang bisa ditanami berbagai macam sayuran. disamping juga nggak ada dananya kalau sy harus beli banyak sekali pipanya

    ReplyDelete

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Share Infotech - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger